Kamis, 08 Oktober 2020

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

Menjadi Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19


Halloooooo Sobat Kreatif

Apa saja sih hal yang kamu lakukan sebagai mahasiswa selama masa pandemi ini ? Apa sudah cukup produktif ? Atau malah sebaliknya ?

Ditengah pandemi ini mahasiswa maupun pelajar seluruhnya diwajibkan untuk menjalankan proses belajar dari rumah. Menurut kalian belajar dirumah itu gimana ? 
Ohh yahhh, Membosankan adalah salah satunya.

Nahh maka dari itu, pada postingan kali ini, mimin akan memberitahu kalian berbagai macam hal-hal yang bisa membuat kalian menjadi kreatif, dan kegiatan belajar dari rumahpun tidak akan terasa membosankan. 
Oke langsung saja mimin kasih beberapa info yang menarik nih agar kalian menjadi kreatif ditengan pandemi covid-19 ini. Yukk disimak.


Hal- Hal Kreatif Di Tengah Pandemi

1. Mengadakan Webinar

Ditengah pendemi seperti saat ini, kegiatan webinar sudah tidak asing lagi, dan sudah banyak lembaga, instansi, bahkan sampai universitas - universitas yang mengadakan webinar. Kenapa demikian ? Yah karena saat pandemi ini, semua kegiatan harus dilaksanakan dari rumah sesuai yang dianjurkan pemerintah, seperti belajar, bekerja. 

Nahh webinar ini salah satu metode pembelajaran yang dilakukan secara daring atau biasa dikenal belajar online.Webinar ini marupakan metode yang bisa dibilang mudah dilaksanakan, karena sudah didukung oleh teknologi yang canggih seperti zoom, dan sebagainya.
Webinar ini juga bisa dilakukan atau diadakan oleh siapapun, bahkan oleh mahasiswa sekalipun bisa diadakan. Karna tidak terlalu rumit prosesnya. Kalian hanya harus mempersiapkan beberapa hal saja, Antara lain : 

1. Pembentukan panitia pelaksana,
2. Menentukan tema yang diangkat,
3. Membuat design,
4. Menyiapkan dana, baik dari sponsor maupun kolektif
5. Mencari narasumber dan pembicara yang akan mengisi webinar tersebut
6. Menyiapkan teknologi untuk pelaksanaan webinar (Seperti zoom atau sebagainya).
7. Mempromosikan acara ke public

Gimana ? Mudah kan untuk mengadakan webinar ini ? Dan semua persiapan pun bisa dilakukan secara online, tanpa bertemu secara langsung. Kalian hanya perlu tim kerja, dan dukungan dari pihak yang bersangkutan.


2. Menulis

Menulis adalah suatu kegiatan yang amatlah menarik. Apalagi ditengan pandemi seperti saat ini. Kalian bisa mengisi waktu kalian agar menjadi lebih kreatif dengan menulis. Menulis apapun, mulai dari menulis buku, cerpen, ataupun seperti yang mimin lakukan yaitu menulis blog atau blogger.


Blogger bukanlah hal yang asing bagi kalian yah, kalian pasti sudah sering memnginjungi beberapa situs blog yang ada di internet. Blog ini mungkin salah satuanya yang kalian kunjungi hehe.


Menjadi seorang blogger bukanlah hal yang sulit, initnya harus ada niat terlebih dahulu. Blogger juga menjadi suatu situs pembelajaran sampai saat ini. 
Langsung aja yah mimin beri beberapa tips untuk menjadikan kalian agar kreatif di tengah pandemi ini dengan menulis blog. Menjadi blogger tidaklah sulit, kalian hanya mempersiapkan sebagai berikut:

1. Komputer & Internet
2. Akun Google (jika tidak punya kalian bisa membuatnya di www.gmail.com )
3. Masuk ke situs www.blogger.com
4. Buat akun blog kalian, pastikan terhubung dengan akun gmail kalian.
5. Design blog semenarik mungkin (Bisa melihat beberapa trik design di internet)
6. Selesai deh. Kalian sudah bisa menulis blog.


Gimana nih ? Mudah juga kan ? Jika akun kalian sudah dibuat, kalian bisa langsung menuangkan isi pikiran kalian, ide-ide kreatif, atau bahkan pembelajaran dari dosen/guru kalian juga bisa ditulis kembali pada blog kalian, jadi secara tidak langsung, kalian juga menjadi guru kepada orang lain yang mengunjungi kalian.


Oke mungkin cukup sekian ide kreatif yang mimin bagikan pada kali ini. Silahkan berkreasi sekreatif mungkin. Pandemi ini bukan alasan kita untuk bermalas-malasan. Tapi ubah menjadi semangat untuk berkarya. Selalu kunjungi Zona Kreatifitas yah sobatt, karna masih banyak hal-hal kreatif yang akan kami posting di waktu berikutnya. Terima Kasihhhh 



Referensi :
Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.

1 komentar:

Serepina Hutabarat mengatakan...

Terima kasih sudah berbagi .. Teruslah menulis karena akan abadi

Posting Komentar