Senin, 12 Oktober 2020

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

STRATEGI MENDAPATKAN SPONSOR 
UNTUK SEBUAH EVENT


Halooo Sobattt Kreatif..

Gimana nih kabar kalian ? Semoga semakin kreatif lagi yah :)

Oia sebelumnya mimin mau tanya nihh..
Pernah gak sih kalian atau organisasi kalian mengadakan sebuah event ?
Jika belum pernah, kalian harus belajar agar bisa untuk mengadakan sebuah event.

Event merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan atau di adakan oleh suatu kelompok maupun individu yang memiliki tujuan atau bahkan event hiburan. Contohnya seperti Event Pekan Raya Jakarta (PRJ), Event Jakarta Clothing, Event Job Fair, dan yang lainnya Pada sebuah event yang diselenggarakan, ada beberapa persiapan terlebih dahulu. 


Apa aja sih persiapannya ? Yahh antara lain seperti tema, lokasi, susunan penitia, konsep, bahkan hingga sponsor.

Nahhh.. pada postingan kali ini. Mimin mau kasih tips mendapatkan sponsor nih untuk kalian yang ingin mengadakan sebuah event. Karna sponsor adalah salah satu yang penting dalam sebuah event, karna kita dengan mudah mendapatkan biaya untuk mengadakan sebuah event karna biaya sebuah event sebagian besar ditanggung oleh sponsor. Oke langsung aja yahh mimin jelasin.


Apa sih sponsorship itu ?

Menurut Roy dan Cornwell (2003), Sponsorship didefinisikan sebagai pemberian tunai dan atau pembayaran barter (in-kind) akan benda kepemilikan (seperti olahraga, hiburan, non-profit event / organisasi) dengan balasan berupa akses pemanfaatan potensial iklan yang berhubungan dengan benda kepemilikan perusahaan/produk.

Lebih singkatnya yaitu sponsor adalah suatu kelompok yang memberikan dukungan atau benefit pada sebuah acara yang diadakan. Misalnya seperti dana tunai maupun produk sponsor itu sendiri. Sponsorship ini merupakan sesuatu yang bersifat simbiosis mutulaisme atau sama-sama menguntungkan baik itu pihak pengada acara maupun pihak yang menjadi sponsor.


Apa saja manfaat dari sponsorship ?

Kegiatan sponsorship tentunya memberikan suatu manfaat tersendiri baik bagi perusahaan maupun produk dari perusahaan tersebut. Adapun manfaat dari adanya suatu sponsorship yaitu :

  1. Dapat melancarkan iklan dari suatu produk melalui publikasi atau media massa yang meliputi event yang telah disponsori.
  2. Dapat mendukung strategi atau kebijakan pemasaran.
  3. Untuk memperlihatkan niat baik perusahaan guna melaksanakan tanggung jawab sosialnya.
  4. Membangun hubungan antara perusahaan dengan konsumen.
  5. Menambah brand equity
  6. Memperkuat ikatan dalam pertukaran.

Jenis-Jenis Sponsorship

  1. Sponsor Tunggal
    Sponsor tunggal adalah sponsor yang membiayai seluruh anggaran yang dibutuhkan untuk acara tersebut. Sponsor tunggal mempunyai hak eksklusif yaitu tidak akan ada sponsor pendamping maupun sponsor partner sehingga sponsor tunggal berhak atas seluruh paket ruang sponsor dalam acara tersebut tanpa ada sponsor lainnya.

  2. Sponsor Utama
    Sponsor utama adalah sponsor yang memberikan kontribusi lebih dari 80% dari keseluruhan anggaran penyelenggaraan acara. Untuk memenuhi keseluruhan anggaran yang dibutuhkan. panitia berhak menerima bantuan tambahan berupa sponsor pendamping dan sponsor partner.

  3. Sponsor Alternatif
    adalah sponsor alternatif. Dikatakan sebagai sponsor alternatif sebab jenis sponsor ini memang sebagai alternatif dana. Hal ini dilakukan oleh pihak penyelenggara acara untuk mendapatkan dana tambahan meskipun nominalnya relatif kecil.

  4. Sponsor In-Kind
    Sponsor In-kind adalah segala bentuk bantuan yang diberikan untuk mendukung kesuksesan suatu event. Misalnya hadiah, percetakan, website, sistem IT, dll.

  5. Media Sponsorship
    Media sponsor merupakan kerjasama antara seseorang atau perusahaan dengan media untuk menyebarkan informasi sekaligus meningkatkan nama baik seseorang atau perusahaan.

Nah setelah kita mengetahui ilmu dasar tentang sponsorship seperti yang sudah dijelaskan diatas, lalu kita lanjut ke strategi agar kalian mudah untuk mendapatkan sponsor untuk sebuah event yang akan kalian adakan nantinya. Langsung saja berikut strateginya :

  1. Pikirkan Konsep Acara Dengan Matang
    Yahh betul , sebelumkalian mencari sponsorship, kalian harus tahu terlebih dahulu bagaimana konsep acara yang akan kalian adakan nantinya. Dan konsep tersebut sebisa mungkin kalian matangkan, sehingga ketika kalian mencari sponsor, kalian dengan mudah untuk menjelaskan konsep acaranya, apalagi jika acara yang kamu adakan itu sangatlah bagus bagi pihak sponsor. Jadi usahakan kalian harus pikirkan konsep sematang-matangnya yah guys.


  2. Pikirkan Berbagai Sponsor Yang Potensial
    Sebagai panitia pelaksana suatu kegiatan atau event, kalian haruslah cerdas dalam memilah sponsor, kalian harus bisa membedakan sponsor yang potensial atau tidak. Potensial dalah hal ini seperti sponsor dapat menyediakan atau memberikan dana atau produk nya untuk kepentingan event kita. Dan jangan mencari sponsor yang banyak menuntut, padahal dana atau produk yang ia berikut tidak sepadan dengan permintaan dia. 

  3. Membuat Surat Penawaran Yang Baik








    Surat penawaran dalam hal ini bisa seperti proposal. Kenapa demikian ? Yah karena setiap kegiatan jika ingin mendapat dukungan dari pihak lain, baik itu dukungan material maupun non material. Kita harus memiliki proposal yang baik untuk menawarkan kepada pihak yang akan kita tunjuk sebagai sponsor acara kita, didalam proposal itu harus berisi konsep acara, keterangan biaya, tujuan, dan yang lainnya. Dengan begitu pihak sponsor akan tertarik untuk mendukung acara yang akan kita selenggarakan.

  4. Lakukan Follow Up
    Yahhh betul, selain kita membuat penawaran ke berbagai pihak pendukung, kita harus mencari pihak pendukung untuk dijadikan sebagai sponsor sebanyak mungkin. Lalu setelah kita mendapatkan calon-calon sponsor, setelah melakukan penawaran, kita harus melakukan follow up kepada pihak pendukung yang tadi kita telah tawarkan untuk menjadi sponsor dalam acara kita, usahakan sampai goal. Dengan kalian mem follow up mereka, itu membuktikan bahwa kita serius untuk mengadakan acara tersebut. Atau mungkin misalkan memang dia tidak menerima tawaran dari kita, barangkali aja ia menawarkannya kepada rekan bisnis mereka, selain mendapat sponsor, kita jika bisa menambah relasi yakan hehe.


  5. Persentasikan Proposal
    Oke setelah kita membuat surat penawaran, lalu kita melakukan follow up. Langkah selanjutnya kita harus mempersentasikan proposal yang telah kita buat tadi kepada pihak-pihak yang akan kita jadikan sponsor. Kalian harus mempersentasikan sejelas-jelasnya dan semenarik mungkin seperti konsep acaranya bagaimana, tujuannya apa, benefit untuk pihak sponsornya bagaimana, dan lainnya agar sponsor kita tertarik untuk menjadi sponsor di acara yang kita akan selenggarakan.


  6. Negosiasi
    Nahhh ini yang terakhir, yaitu negosiasi. Kalian harus pintar-pintar dalah tahap negosiasi ini. Jangan sampai kalah cerdik dengan calon sponsor kita. Kita harus berusaha mendapatkan penawaran yang terbaik dari pihak sponsor, negosiasi dalam hal ini seperti jumlah dana/produk yang akan diberikan, konsep mempromosikan produknya, dan kita juga harus adil kepada sponsor. Misalkan ada sponsor A memberi dana tunai sebesar 10 Juta, kemudian adalagi sponsor B hanya memberikan produknya senilai 5 Juta. Disini ada perbedaan nominal yang diberikan dari Sponsor A dan Sponsor B. Nah karna sponsor A mampu memberikan dana lebih banyak dibandingkan sponsor B, dengan demikian kita juga harus lebih banyak menayangkan atau mengiklankan produknya si sponsor A dibandingkan sponsor B dalam acara kita nantinya.

Nah berikut beberapa informasi menganai pengertian sponsorship, manfaat sponsorship, strategi mendapatkan sponsor. Bagaimana menurut kalian nih ? Mudah kan. Kalian tinggal ikuti aja tahapan-tahapan diatas untuk mencari pihak sponsor pada acara yang akan kalian selenggarakan, karena dengan adanya sponsor, acara kalian akan lebih terbantu terutama perihal urusan dana, kalian bisa memanfaatkan dana dari sponsor untuk berbagai keperluan acara kalian.


Oke mungkin cukup sekian postingan kali ini, semoga kalian semakin kreatis setelah mengunjungi situs ini. Selalu kunjungi Zona Kreatifitas yah sobatt, karna masih banyak hal-hal kreatif yang akan kami posting di waktu berikutnya. Terima Kasihhhh 


Referensi :
Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.






1 komentar:

Serepina Hutabarat mengatakan...

Terimakasih sudah berbagi .. sangat menarik untuk dibaca dan mudah dipahami ! semangat menulis yaaa

Posting Komentar