Selasa, 22 Desember 2020

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DALAM BERBISNIS



Halooo sobat kreatif 

Gimana nih kabar kalian ? Pastinya makin kreatif dong yah karna selalu kunjungi zona kreatifitas.

Ohh iyah sebelumnya mimin mau tanya nih sama sobat kreatif semua. Pernah gak si kalian memiliki keinginan untuk jadi seorang wirausaha ? 
Jika kalian adalah salah satu yang ingin menjadi wirausaha, tepat sekali nih karna pada pertemuan kali ini mimin akan membahas tentang karakteristik kewirausahaan dalam berbisnis.

Oke langsung aja yuk kita simak materinya.


KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DALAM BERBISNIS

Apa yang dimaksud dengan karakteristik kewirausahaan? Karakteristik kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai hal yang berhubungan dengan ciri khas, perilaku, dan sikap seseorang untuk mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia usaha.


Perilaku dan sikap tersebut biasanya mencakup sebagian besar tindakan seorang wirausahawan dalam kesehariannya.  Perlu diingat bahwa keahlian berbisnis tidak timbul sejak lahir, melainkan timbul berkat latihan dan kebiasaan.


Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang wirausaha harus menanamkan karakteristik kewirausahaan sejak dini agar usaha yang akan kita bangun nantinya berjalan dengan baik dan maju.

Lalu apa aja sih karakteristik kewirausahaan yang harus dimiliki pebisnis ?


1. Percaya Diri dan Optimis

Sikap percaya pada diri sendiri  adalah modal yang cukup baik untuk sebuah permulaan. Tandanya seseorang sudah siap untuk menghadapi segala tantangan di dunia bisnis. Namun, percaya diri harus diimbangi dengan pengendalian diri.

Sikap optimis juga perlu dimiliki oleh seorang wirausaha.


2. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil

Maksudnya adalah bahwa seorang pengusaha harus bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadanya. Anda juga harus bersifat bertanggung jawab atas dalam sebuah hasil tugas yang telah diberikan.

 

3. Berani Mengambil Resiko

Berani untuk mengambil risiko yang terkait dengan keinginan untuk bertanggung jawab. Pengusaha siap mengambil risiko dari semua tindakannya.

Sebagai sebuah tindakan, seorang wirausahawan akan berpikir dengan hati-hati tentang tindakannya sehingga risiko yang terkait dengan tindakan tersebut dapat dinilai.

 

4. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Pengusaha membutuhkan kepemimpinan untuk memimpin bawahan atau karyawan mereka. Seseorang tidak bisa menjadi wirausaha jika Anda tidak bisa memimpin mereka berdua dan memimpin orang mereka sendiri.

 

5. Keorisinilan

Makna asli tidak hanya untuk mempertahankan yang lain, namun mempunyai sebuah pendapat sendiri, adalah ide asli sebagai kemampuan sebagai melakukan sesuatu.

 

6. Berorientasi Ke Masa Depan

Seorang wirausahawan harus memiliki visi yang jelas untuk sesuatu yang sedang ia kembangkan. Karna visi itu akan mendorong dan menjadi acuan kemajuan usahanya. Oleh karena itu, pengusaha akan mengembangkan rencana.

 

Selain karakteristik. Ada juga watak yang harus dimiliki bagi seorang wirausahawan dalam berbisnis. Apa aja sih ?


WATAK SEORANG WIRAUSAHAWAN DALAM BERBISNIS

  1. Memiliki kepercayaan diri yang kuat, tidak ketergantungan terhadap orang lain maupun kelompok.
  2. Kebutuhan untuk berprestasi, berorientasi laba, mempunyai dorongan yang kuat, energik, tekad kerja keras, dan inisiatif.
  3. Mampu mengambil resiko yang wajar dan tidak ceroboh.
  4. Berjiwa kepemimpinan, mampu beradaptasi dengan orang lain, dan bisa menerima saran dan kritik.
  5. Inovatif, kreatif, dan fleksibel
  6. Memiliki visi yang perspektif kepada masa depan.

Adapun alur berfikir kreatif dan inovatif antara lain :
Kecerdasan : Analistis, Sintesis, Praktis


Nahhh jadi seperti itu sobat kreatif tentang karakteristik kewirausahaan dalam berbisnis. Semoga materi ini dapat membantu sobat-sobat kreatif dalam menjalanlan suatu usaha yah sobat.

Oke sobar kreatif. Mungkin sekian untuk postingan dari zone kreatifitas. Tetap kunjungi zona kreatifitas agar kalian semakin kreatif lagi. Sampai bertemu di postingan selanjutnya yah sobat kreatif. Thank youuuuuuuu.


Referensi :

Materi Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

www.brainly.co.id


Penulis :

Moch. Azis Prasetya

0 komentar:

Posting Komentar