Senin, 14 Desember 2020

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

HUBUNGAN KREATIVITAS, INOVASI, TEKNOLOGI, DAN ENTREPRENEURSHIP


Halooo sobat kreatif. Bagaimana kabar kalian ? Ohh tentunya semakin kreatif dong yah karna selalu kunjungi zone kreatifitas hehe.

Oia pada postingan kali ini. Materi yang akan mimin angkat yaitu tentang "HUBUNGAN KREATIFITAS, INOVASI, TEKNOLOGI, DAN ENTREPRENEURSHIP.

Oke langsung saja mari kita simak :)


1. Kreatifitas



Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru,cara-cara baru, model baru, yang berguna bagi dirinya dan masyarakat. 

Hal-hal baru itu tidak selalu sesuatu yang sama sekali tidak pernah ada sebelumnya, unsur-unsurnya bisa saja telah ada sebelumnya, tetapi individu menemukan kombinasi baru, konstruk baru yang memiliki kualitas yang berbeda dengan keadaan sebelumnya. Jadi, hal baru itu adalah sesuatu yang bersifat inovatif. 

Kreativitas memegang peranan penting dalam 
kehidupan dan perkembangan manusia. Kreativitas banyak dilandasi oleh kemampuan intelektual, seperti intelegensi bakat dan kecakapan hasil belajar, tetapi juga didukung oleh faktor-faktor afektif dan psikomotor. 


2. Inovasi


Reka baru atau inovasi dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).

Reka baru sebagai suatu “objek” juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktik baru yang tersedia bagi aplikasi, umumnya dalam suatu konteks komersial. Biasanya, beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan, bergantung pada konteksnya: suatu inovasi dapat bersifat baru bagi suatu perusahaan (atau agen/aktor), baru bagi pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara sejagat. Sementara itu, reka baru sebagai suatu “kegiatan” merupakan proses penciptaan reka baru, sering kali diidentifikasi dengan komersialisasi suatu reka cipta.


Lalu apa hubungannya dengan kreativitas?

Hubungan antara kreativitas dan inovasi yaitu dengan adanya krativitas maka akan menciptakan inovasi baru. Kreativitas dan inovasi merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan, dan 2 hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, Tanpa adanya kreativitas maka ia akan sangat sulit bersaing dan bertahan di dunia bisnis, karena dunia bisnis tidak menentu dan selalu menuntut perubahan agar mampu bertahan.


3. Teknologi


Teknologi adalah kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologisecara signifikan memengaruhi manusia serta kemampuan spesies hewan lain untuk mengendalikan dan beradaptasi dengan lingkungan alami mereka. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau untuk daerah tertentu. Contoh: teknologi informasi, teknologi nuklir, teknologi pertanian, dan teknologi komunikasi.

Teknologi sangatlah berperan penting khususnya bagi jiwa-jiwa kreatif. Dengan adanya teknologi, membuat kita semakin kreatif, misalnya dalam hal berkarya di bidang musik maupun fotografi. Kita bisa dengan mudah untuk mendapatkan atau membagikan informasi mengenai hal tersebut yang bisa kita akses pada komputer maupun smartphone. Contohnya seperti youtube, facebook, instagram dan media sosial lainnya. Sehingga kita bisa dapat mudah untuk mempelajari dan membagikannya.


4. Entrepreneurship

Dalam bahasa Indonesia, istilah Entrepreneurship diartikan kewirausahaan yang memiliki pengertian sedikit berbeda oleh para ahli. Meskipun demikian, masing-masing pendapat memiliki inti dari entrepreneurship, yaitu tentang kreativitas atau inovasi. Secara umum pengertian Entrepreneurship (Kewirausahaan) adalah proses kegiatan kreativitas dan inovasi menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagi diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan.


Entrepreneur harus kreatif, mengapa?
Seorang yang memutuskan dirinya menjadi entrepreneur adalah orang-orang yang mengenal potensi dan belajar mengembangkan peluang yang ada serta dapat mengorganisasi usaha untuk mewujudkan cita-cita menjadi entrepreneur. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang entrepreneur adalah kreatif dan inovatif. Ia mampu melihat peluang, selalu terbuka akan setiap masukan dan memiliki keinginan untuk suatu perubahan positif yang mampu membawa bisnisnya terus bertumbuh serta memiliki value. Dalam berbisnis juga harus memiliki value-values yang bertujuan positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Seperti yang dikatakan oleh Zimmerer (1996) bahwa entrepreneur merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi mencari peluang dari permasalahan yang terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.



Nahhh sobat kreatif, mungki kurang lebih seperti itu hubungan antara kreativitas, teknologi, inovasi dan entrepreneurship.

Oke sobar kreatif. Mungkin sekian untuk postingan dari zone kreatifitas. Tetap kunjungi zona kreatifitas agar kalian semakin kreatif lagi. Sampai bertemu di postingan selanjutnya yah sobat kreatif. Thank youuuuuuuu.



Referensi :

Materi Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

www.wikipedia.com

www.brainly.co.id


Penulis :

Moch. Azis Prasetya

0 komentar:

Posting Komentar