Senin, 19 Oktober 2020

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

MENGENAL TERM OF REFERENCE (TOR)


Halooo sobat kreatifff.. Gimana nih kabar kalian ? Ohh pastinya semakin kreatif dong yahh karna selalu mengikuti dan membaca berbagai ilmu tentang kreatif dari kami hehehe...


Ohh iyah pada postingan sebelumnya, mimin udah share beberapa materi kreatif yaitu tentang sponsorship. Nahh untuk postingan kali ini, mimin mau share ilmu juga nih tentang kreatifitas tentunya. Oke langsung saja yah, pada minggu ini mimin akan bahas tentang TERM OF REFERENCE (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja. Oke mimin bahas dari dasarnya aja yah biar kalian paham. Disimak yahhh sobat kreatif :)



Apa itu TERM OF REFERENCE (TOR) ?

Suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan mengenai keluaran kegiatan yang akan dicapai sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian negara/lembaga yang memuat latar belakang, penerima manfaat, strategi pencapaian, waktu pencapaian dan biaya yang diperlukan.


Term of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK) adalah batasan mengenai gambaran tujuan, ruang lingkup dan struktur sebuah proyek (kegiatan) atau kepanitiaan yang telah disepakati untuk memandu suatu kegiatan/proyek agar sesuai dengan apa yang diharapkan panitia dan menjadi acuhan dan rambu-rambu bagi pelaksana.


Definisi di atas mungkin terlalu umum dan sulit dipahami. Penjelasan secara sederhana, jika kita mengadakan sebuah kegiatan atau melaksanakan sebuah proyek pekerjaan, tentunya ada alasan mengapa kita harus melaksanakannya, batasan sejauh apa kita mau melaksanakannya, dan untuk apa kita melakukannya. Itulah yang dituangkan dalam TOR.


Apa Saja Isi Dalam TOR Itu ?

  1. What (Apa) . Magsudnya adalah dalam suatu TOR itu uraian mengenai apa (what) pengertian dan apa pengeluaran yang akan dicapai dari kegiatan yang dilaksanakan itu. Misalkan seperti menjadikan atau membentuk mahasiswa/i yang kreatif.

  2. Why (Mengapa) . Magsudnya adalah mengapa (why) kegiatan tersebut perlu dilaksanakan dalam hubungan dengan tugas pokok dan fungsi dan atau sasaran program yang hendak dicapai oleh satker.

  3. Who (Siapa) salker/panitia/tim yang bertanggung jawab melaksanakan dalam pencapaian keluaran/output dan siapa yang menerima manfaat dari kegiatan tersebut.

  4. When (Kapan) kegiatan dimulai dan selesai, How Long (Berapa Lama) waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan tersebut.

  5. Where (Dimana) kegiatan tersebut dilaksanakan.

  6. How (Bagaimana) kegiatan tersebut dilaksanakan.

  7. How Much (Berapa perkiraan) biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut.

Setelah kalian memahami apa saja isi dari dalam TOR. Selanjutnya kalian juga harus memahami apa yang dimuat di dalam TOR tersebut. Mari kita bahas apa saja sih yang harus dimuat dapa TOR itu.


Apa Yang Dimuat Di Dalam TOR ?

  1. Tema
    Yah pastinya tema adalah sesuatu yang paling utama dalam pengisian TOR. Karna setiap kegiatan pasti memiliki tema dan konsep.
  2. Nama Kegiatan
    Nama kegiatas juga pastinya harus dan wajib, gak mungkin kan kita membuat acara, tapi tidak tahu apa nama acara tersebut.
  3. Pendahuluan / Latar Belakang
    Pendahuluan dan Latar belakang biasanya berisi mengenai tentang ucapan puji syukur, panduan, dan asal mula kenapa diadakannya suatu acara.
  4. Referansi Hukum
    Contohnya : Perpres 54 Tahun 2010 dan segala perubahannya dan aturanlain yang berhubungan dengan kegiatan pengawasan jalan.
  5. Tujuan & Tempat kegiatan itu dilaksanakan
  6. Peserta Kegiatan
  7. Penyelenggara Kegiatan
    Seperti panitia pelaksana, atau instansi yang mengadakan acara tersebut.
  8. Lingkup Kegiatan
  9. Penutup
  10. Lampiran 
    Lampiran disini bisa diikuti seperti susunan panitia dan anggaran kegiatan.

Mungkin kurang lebih seperti itu sobat kreatif yang ada pada sebuah TOR. Dengan adanya TOR kegiatan yang kalian selenggarakan akan berjalan baik. Gimana nih sobat kreatif ? Mudah untuk dipahami kan ? Bukan hal yang sulit kok untuk membuat TOR itu. 

Oke mungkin cukup sekian postingan tentang TOR ini yah sobat. Selalu baca dan kunjungin blog Zona Kreatifitas yah soba, karna masih banyak hal-hal dan pembelajaran kreatif yang akan kami bagikan. Terima kasih sudah menyimak. Jangan lupa share dan like yah sobat kreatif :)


Referensi :
Materi Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.

0 komentar:

Posting Komentar