Kamis, 28 Januari 2021

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

 MEMPENGARUHI PIKIRAN PUBLIC



Halooo sobat kreatif..

Bagaimana nih kabar kalian, semoga semakin kreatif dong yahh..

Oiya sebelumnya mimin mau tanya sama sobat kreatif. Pernah gak sih kalian mempengaruhi pikiran public. Misalnya mempengaruhi pikiran calon customer kalian agar membeli produk yang kalian jual ?
Nahhh tepat sekali kebetulan pada kali ini mimin akan berbagi sedikit materi tentang mempengaruhi pikiran public. Oke langsung aja kita bahas yahh.


Apa itu mempengaruhi pikiran public ?
Mempengaruhi pikiran public adalah sebuah upaya untuk memulihkn kepercayaan, membangun citra, atau membangun kepercayaan seseorang atau public.

Lalu apa saja hal penting yang diperhatikan dalam mempengaruhi pikiran publik ?


1. Manajemen Komunikasi

Manajemen ----- Memenej (Managing) komunikasi berarti, Mengatur segala komponen komunikasi dalam sebuah informasi dan aturan langkah sehingga efektif mencapai sasaran yang diharapkan. Maka, Komponen komunikasi ada 3 yaitu : Komunikator, pesan dan komunikan. Lalu di menej Komunikasi one way communications ampai akhirnya two ways communication.

Komunikasi 2 langkah atau banyak langkah, pesan bukan disampaikan langsung (indirect) kepada komunikan, melainkan kepada perantara (agent), baik orang seperti pemuka pendapat, atau opinion leader maupun media komunikasi.

Manajemen Komunikasi pada dasarnya adalah aplikasi dari prinsip manajemen umum, artiny dalam memenej komunikasi perlu tahapan Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengontrolan dan evaluasi.

Adapun hal yang membedakan antara manajemen komunikasi dengan manajemen lainnya. Misalnya, pemasaran dan keuangan.


2. Teknik Persuasi

PERSUASI adalah suatu tindakan yang disengaja untuk memepengaruhi perilaku melalui komunikasi. Dengan persuasi, praktisi kehumasan lebih berpeluang mencapai tujuan-tujuan yaitu mengubah opini, mengubah persespsi, mengubah keadaan emosi (emotional state) dan mengubah perilaku fisik ( physical behavior).

Menurut Bettinghous dan Taylor (1974)

Efektifitas persuasi mempengaruhi pikiran dan tidakan bergantung ada 5 faktor yaitu :

1) Keadaan penerima persuasi (sikap, kepercayaan dan perilaku)

2) Kredibilitas sumber

3) Situasi saat persuasi dilakukan

4) Sumber- sumber informasi tambahan sebelum dan sesudah persuasi dilakukan

5) Konstruksi pesan (message construction) yang disampaikan.


Apapun yang dilakukan praktisi kehumasan untuk memulihkan kepercayaan, membangun citra atau membangun kepercayaan, pada dasarnya adalah upayanya mempengaruhi pikiran publik.


Nahh jadi seperti itu sobat kreatif. Dalam mempengaruhi pikiran public, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan seperti penjelasan diatas. Kalian harus memperhatikan hal-hal tersebut karna sangat penting dalam mempengaruhi pikiran public.


Oke sobat kreatif mungkin cukup sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua yah sobat. Selalu kunjungi zona kreatifitas agar kalian semakin kreatif yah sobat. Thank Youuuuuuu...



Referensi :

Materi Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom


Penulis :

Moch. Azis Prasetya



  

0 komentar:

Posting Komentar