Senin, 02 November 2020

Catatan Harian Kreatifitasku Bersama Ibu Serepina

MIND MAPPING DALAM SUATU EVENT


Haloo sobat kreatif. Gimana nih kabar kalian ? Ohh tentunya semakin kreatif dong yah karna selalu simak postingan dari zone kreatifitas hehe.

Ohh iyah btw kita sebelumnya pada minggu lalu udah membahas beberapa hal-hal yang menyangkut kreatifitas. Nahh pada kali ini zona kreatifitas juga akan membahas lagi salah satu hal yang sangat membantu agar kalian semakin kreatif. Untuk kali ini zona kreatifitas akan membahas MIND MAPPING.


Sebelumnya ada yang tahukah apa itu mind mapping ? Oke mimin jelasin deh yah biar kita pinter bareng-bareng.


Mind mapping yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. 

Pasti kalian udah tau kan kegunaan otak kanan dan otak kiri itu apa? Nah itu lah pengertian dari mind mapping.


Jika kalian ingin mengadakan sebuah event, mind mapping sangatlah di perlukan, karna kalian harus memikirkan, memetakan mau seperti apa event ini, konsep seperti apa yang ingin kalian adakan. Tanpa adanya mind mapping, event yang akan kalian adakan pastilah akan berantakan, bahkan bisa menimbulkan masalah.

Lalu apa aja sih mind mapping dalam suatu event itu? Nahh yukk kita bahas.


1. Creator

Yah yang pertama kalian harus menentukan siapa creatornya. Apa sih creator itu ? Creator adalah seseorang yang memiliki atau mempunyai dan menciptakan ide-ide kreatif untuk event yang akan kalian adakan. Setiap event pasti ada seorang creator didalamnya. Biasanya seorang creator ini otaknya sangatlah kreatif, karna ini menciptakan mulai dari hal-hal kecil hinggal hal yang besar, sehingga event yang akan kalian adakan sukses dan menarik.



2. Conceptor

Conceptor juga tidak jauh beda dengan creator. Conceptor yaitu seseorang yang menyusun sebuah konsep dalam sebuah acara. Biasanya conceptor berhubungan erat dengan seorang creator. Sama pentingnya dengan creator, conceptor bisa membuat acara kalian semenarik mungkin. 



3. Mediator

Dalam sebuah event, selain creator dan conceptor, tentunya ada juga seorang mediator. Apa si mediator itu ?

Pihak yang membantu Para Pihak dalam proses perundingan guna mencari berbagai kemungkinan penyelesaian sengketa tanpa menggunakan cara memutus atau memaksakan sebuah penyelesaian.


Dalam sebuah event salah satu mediator yaitu humas. Biasanya humas sering dijadikan mediator kepada pihak internal maupun eksternal. Contohnya kepada pihak sponsor dan narasumber.



4. Problem solver

Dalam sebuah event, pastinya memiliki hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang sudah di konsepkan. Entah itu berasal dari internal maupun eksternal. Suatu masalah dalam sebuah event adalah tanggung jawab seluruh panitia penyelenggara itu, maka dari itu seluruhnya harus bisa bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut agar event bisa berjalan dengan baik. 


Memecahkan suatu masalah pada sebuah event tidak bisa melibatkan hanya segelintir orang, kita harus bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara diskusi, menentukan opsi lain, mencari cara penyesesaian, bahkan jika itu berkaitan dengan hukum, kita harus mengikutinya.


Jika kita bekerja sama, pasti ada jalan keluarnya, pasti ada opsi lain yang bisa membuat event kita berjalan dengan lancar. Yang terpenting dalam menyelesaikan masalah ini, kita harus menjauhkan ego kita, kita harus berfikir sejerni mungkin, hingga masalah itu terpecahkan.



Nahhh sobat kreatif, mungki kurang lebih seperti itu mind mapping dalam sebuah event. Mungkin disini ada beberapa dari kalian yang sudah atau bahkan menjadi bagian dari sebuah event kan ? Atau mungkin ada yang belum pernah. Materi ini bisa menjadi acuan untuk kalian jika ingin mengadakan sebuah event.


Oke sobar kreatif. Mungkin sekian untuk postingan dari zone kreatifitas. Tetap kunjungi zona kreatifitas agar kalian semakin kreatif lagi. Sampai bertemu di postingan selanjutnya yah sobat kreatif. Thank youuuuuuuu.




Referensi :

Materi Pembelajaran Kreatifitas oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.

www.karyaone.co.id



0 komentar:

Posting Komentar