Sabtu, 27 November 2021

TEORI BANYAK TAHAP, TEORI DEPENDENSI, DAN TEORI USES & EFFECT

TEORI BANYAK TAHAP, TEORI DEPENDENSI, DAN TEORI USES & EFFECT


Halloo sobat kreatif

Apa kabar nih sobat ? Semoga semakin kreatif dong yah hehe.


Oiyah pada kali ini mimin mau sharing beberapa materi yang udah mimin dapatin dari bangku kuliah nih sobat. Adapun materi yang mau di sharing antara lain : Teori Komunikasi Banyak Tahap, Teori Dependensi, dan Teori Uses & Effect. Nahh yauda sobat langsung aja yu kita bahas ketiga materi tersebut.



  1. Teori Komunikasi Banyak Tahap
    Model aliran banyak tahap ini merupakan gabungan dari semua model yang telah sebelumnya.Model banyak tahap ini didasarkan pada fungsi penyebaran yang berurutan yang terjadi pada kebanyakan situasi komunikasi.

    Model aliran banyak tahap ini terbentuk karna banyaknya tahap yang dianggap tidak penting. Tahap yang penting adalah menyebarkan pesan pesan media kepada khalayak. Jumlah tahap yang pasti dalam proses ini bergantung pada maksud dan tujuan komunikator. tersedianya media massa dengan kemampuan untuk menyebarkan, sifat dari pesan, dan nilai pentingnya pesan bagi komunikan.
    Ada 2 tahap penyampaian pesan dalam aliran ini. 
    1. Pesan media pada opinion leader
    2. Pesan opinion leader pada audience

    Model Komunikasi Banyak Tahap
    Sumber —> Pesan —> Media Massa —> Khalayak 1 —> Khalayak 2 —> Khalayak .


    Kekurangan dan Kelebihan komunikasi banyak tahap.
    Kekurangan : 
    Adanya miss komunikasi dalam penyampaian pesan dari khalayak pertama kepada khalayak yang lainnya, sehingga pesan yang diterima khalayak lainnya berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh khalayak pertama.

    Kelebihan :
    Ada beberapa jaringan yang bekerja diantara media dan khalayak yang berfungsi untuk meneruskan pesan dari yang satu kepada yang lain dalaam penyebaran pesan-pesan media kepada khalayak.
     

  2. Teori Dependensi
    Dependensi  bisa disebut juga dengan ketergantungan. Jadi Teori Dependensi merupakan  teori terkait komunikasi massa yang menyatakan bahwa semakin seseorang tergantung pada suatu media untuk memenuhi kebutuhannya, maka media tersebut menjadi semakin penting untuk orang itu.

    Tujuan dari teori dependensi tersebut juga dikonseptualisasikan sebagai motivasi anteseden penting dalam hubungan ketergantungan individu dengan media. Terdapat tiga jenis tujuan yaitu pemahaman, orientasi, dan bermain. Ketiga tujuan tersebut masing-masing memiliki dimensi personal dan dimensi sosial.

    Konsep penting teori dependensi
    1. Dependensi atau ketergantungan
    2. Tujuan
    3. Struktur
    4. Intensitas Sasaran
    5. Lingkup Sasaran

  3. Teori Uses dan Effect
    A. Definisi
    Teori 
    uses and effects merupakan sebuah teori yang menjelaskan mengenai hubungan antara komunikasi massa yang disampaikan melalui media massa, yang menimbulkan sebuah effects bagi pengguna dari media massa tersebut.

    B. Asumsi Teori Uses dan Effect
    Asumsi dasar dari teori ini lebih menekankan bagaimana penggunaan media menghasilkan banyak efek terhadap suatu individu. Hasil dari sebuah proses komunikasi massa dan beberapa kaitannya dengan penggunaan media akan membawa pada bagian penting berikutnya dari teori ini. 
    Hubungan antara pengguna dan hasilnya dapat disajikan dalam beberapa bentuk yang berbeda, sebagai berikut :
    1. Penggunaan media hanya dianggap berperan sebagai perantara, dan hasil dari prosesnya dinamakan efek
    2. Penggunaan media dapat mengecualikan, mencegah, atau mengurangi aktivitas lainnya
    3. Penggunaan media dapat melakukan dua proses secara serempak dan akan menerima efek dan konsekuensi.

    C. Jenis-Jenis Effect
    Efek komunikasi massa dapat dibagi menjadi beberapa bagian, namun Leith R Stamm dan John E. Bowes 1990 membaginya menjadi dua bagian dasar yaitu : 
    1. Efek primer meliputi terpaan, perhatian dan pemahaman, dan 
    2. Efek sekunder meliputi perubahan sifat kognitif perubahan pengetahuan dan sikap dan perubahan perilaku menerima dan memilih.


Nahh sobat kreatif seperti itulah penjabaran mengenai ketiga teori tersebut. Semoga bisa menjadi ilmu tambahan kita semua yah sobat kreatif. Oke sobat mungkin cukup sekian sharing kita pada kali ini. Selalu kunjungi zona kratifitas yah untuk mengetahui lebih banyak lagi ilmu agar kita makin kreatif. Dahhhhhhhhh.


Referensi :

Meteri pembelajaran mata kuliah Teori Komunikasi Massa : Materi Kelompok Pertemuan 7


Penulis :

Mochamad Azis Prasetya

0 komentar:

Posting Komentar