Jumat, 03 Desember 2021

Catatan Harian Teori Komunikasi Massa Bersama Ibu Serephina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

AGENDA SETTING


Halo sobat kreatif... balik lagi nih di blog aku yang kali ini mau bahas tentang Agenda Setting, di blog ini aku mau kasih beberapa hal yang aku tau tentang Agenda Setting, yuk kita bahas. Menurut ku Agenda Setting adalah bagaimana cara agar menciptakan Publik Awareness dengan menekankan sebuah isu yang dianggap paling penting untuk dilihat, didengar, dibaca, dan dipercaya di media massa. Nah, Agenda setting terjadi melalui proses dimana Media memberikan informasi yang merupakan bahan pemikiran yang paling relevan, potret isu-isu utama masyarakat, dan mencerminkan pikiran orang. pengaruh agenda setting akan meningkat pada diri individu yang memberikan perhatian lebih terhadap isu-isu yang disajikan oleh media massa. Bukti-bukti menunjukkan bahwa perhatian individu terhadap isi media dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, luas pengalaman, derajat kepentingan, perbedaan ciri demografis dan sosiologis.


Sedangkan Framing dan Priming adalah bagaimana media menempatkan sebuah berita dan memberikannya makna tertentu.Dalam model tersebut, realita yang mengarah pada hubungan timbal balik antara agenda media dan agenda publik kurang mendapatkan perhatian. Framing adalah sebuah proses yang mana jurnalis, reporter, editor mengemas isu/kejadian menjadi sajian yang lebih menyentuh dan lebih menarik. Priming yaitu kemampuan program pemberitaan untuk memengaruhi kriteria yang dapat digunakan oleh para individu untuk menilai.


Nah itu dia Agenda Setting menurut aku, gimana nih menurut kalian? Yuk komen dan diskusi di kolom komentar👇😁



Referensi :

Meteri pembelajaran mata kuliah Teori Komunikasi Massa


Penulis :

Mochamad Azis Prasetya

0 komentar:

Posting Komentar